-->

Perjuangan USM PKN STAN 2015

Bismillah..
Assalamu'alaikum..
Selamat siang gan, di hari jum'at yang penuh rahmat ini aku mau sedikit cerita nih...
Sebelumnya perkenalkan namaku Misbakhul Ulum , aku lahir di Pekalongan, tgl. 25 Mei 1997 , ow iya sekalian aku mau promosi pin BBMku nih,, Silakan yang berkenan invite 5BA407E1 :D , Add jg FBku (Misbakhul Ulum) :D

Itu aku dan adek tercinta,, :)
Cukup ya perkenalannya,,
Politeknik Keuangan Negara STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN salah satu PTK idaman bagi para lulusan SMA/SMK/MA Sederajat...
Kuliah gratis plus setelah lulus dapat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemenkeu, itulah daya tarik tersendiri yang dimiliki PKN STAN.
Perjuanganku dimulai pada saat TO Offline Perdanaku di sekolah tercinta SMK N 2 Pekalongan..

Itu kupon stiker peserta TO,,
Okey lanjut... Sebelum hari H TO aku latihan soal-soal USM STAN di buku Prepare USM STAN 2015, Ow iya bagi yang belum tahu, soal USM terdiri dari 2 bagian;
1. Tes Potensi Akademik (TPA)
2. Tes Bahasa Inggris (TBI)
TPA terdiri dari 120 soal dan TBI 60 soal.
Waktu pengerjaan TPA 100 menit dan TBI 50 menit, Waoww.. Kasarnya satu soal dikerjakan hanya kurang dari 1 menit.. :o
Tenang kawan... Ada beberapa soal yang hanya dalam sekejap bisa dikerjakan kog dengan catatan kalian sudah terbiasa dengan soal tersebut..
Ow iya dalam USM STAN terdapat nilai mati. Apa itu nilai mati??? Nilai mati adalah nilai yang tidak hidup.. :v :D heheee...
Jadi, yg dinamakan nilai mati adalah nilai minimal yang harus kita peroleh pada setiap bagian (TPA & TBI). Berapa sih nilai matinya???
Dalam ketentuan tahun2 sebelumnya, nilai mati itu 1/3 dari jumlah soal setiap bagian..
Jadi, kita minimal harus mengerjakan soal TPA dengan benar sebanyak 40 soal (1/3 dari 120 soal) dan TBI sebanyak 20 soal (1/3 dari 60 soal)
Note: jika TPA kita benar 120 soal. Tapi, TBI kita hanya benar 19, maka itu artinya sampai jumpa di tahun berikutnya.. Bye bye.. :D alias gk lolos, dan selamat berjuang lagi.. :)
apakah lolos nilai mati saja sudah cukup???, No... Nilai mati saja belum dapat menentukan kita lolos atau gk,, trus bagaimana caranya agar bisa lolos,,? pikir aja sendiri!!! :D
Yang harus kita lakukan adalah mengumpulkan point sebanyak2nya,
Perhitungan point sebagai berikut:
Benar (+4)
Salah (-1)
Kosong (0)
Kalau mau aman minimal kita harus mendapat poin 720 :D TPA dan TBI betul semua (180 x 4 = 720) :D wkwkwkwk...
Gak ada yang tahu pasti berapa minimal poin yang aman... Karena PKN STAN tidak pernah mengumumkan berapa poin yang kita dapat dalam Tes tulis USM STAN,.
Kata2nya sih seenggaknya dapat 400 itu bisa aman bisa jg nggk??? Wkwkwk.. Yang penting kumpulkan poin setinggi2nya ya.. Okey?,,
Lanjut cerita TO ya...
TO dimulai pukul 08.00 WIB, ketika waktu dimulai aku langsung ijin pulang karena lihat soal2nya yang menurutku masih terlihat sulit, :D just kid . aku kerjakan soal sebisanya,, waktuku habis gara2 penasaran dengan soal Matematika,, alhasil hanya beberapa saja soal TPA yg hanya bisa aku jawab, waktu sudah 100 menit itu tandanya pengerjaan TPA sudah habis,
lanjut ke TBI,, semua soal aku lahap dengan nafsu yang tinggi,, :v padahal banyak yang nembak saja , hahahha.. :D
Oke,, waktu habis, kemudian aku dan peserta lainnya kumpul diaula untuk mendengarkan sosialisasi dari kakak Mahasiswa PKN STAN , tak berapa lama pengumuman pun keluar,, dan coba tebak apakah aku lolos??? ,, Yuppss,, anda salah.. Karena aku gagal,, lihat saja betapa mirisnya poin yang aku peroleh.

Cukup membuat mental melemah,, butuh di charge.. :D , mulai saat itu juga aku giat latihan2 soal,, dan aku ikut TO online beberapa kali untuk mengukur kemampuanku,, TO online ke -1, 2, 3,4,5,6,7,....100,, gk pernah lolos,, :D hahahaa.. Alay nih.. Cuman sampe TO ke -3 kog,, setelah itu lolos terus walau poin yang aku dapat belum pernah tembus 400,, bulan berganti bulan UN pun semakin dekat,, ini nih yg gk boleh ditiru, akibat terlalu belajar USM PKN STAN,, UN pun aku gk terlalu pikirkan,, alhasil rata2 UN hanya 85, sekian.. Padahal banyak temanku yang rata2nya 9 ,, tpi, gk papalah, toh masih ada yg di bawahku, tetap bersyukur Alhamdulillah. :)
Setelah UN, aku masih terus lahap tuh soal2 yg ada di buku USM,
Sudah bulan juni kog belum ada tanda2 Pendaftaran USM PKN STAN, padahal kan tahun 2014 bulan mei sudah buka..
Gk ada kabar aku pun mulai malas belajar, (jangan ditiru yaa).. Ditambah banyak di grup2 STAN ada yg bilang gk buka,, semakin pesimis deh.. :'(
Makanya kalau ada yang share2 info2 tentang STAN di grup2 fb jangan langsung percaya jika tidak ada sumber yang jelas,,
Mungkin itu hanya strategi sainganmu untuk menciutkan mentalmu... Tetaplah belajar, belajar, dan belajar .. Toh,, tidak ada ruginya kog kalau kita belajar,, iya kann??
Cukup dulu ya teman..
Nantikan kelanjutan kisah perjuanganku yaa.. :)
Wassalamu'alaikum..
....To be continued....

Subscribe to receive free email updates: